Panitia Pemilihan Calon Dekan Fakultas Hukum Gelar Pemilihan Calon Dekan 2017-2021

Langsa (23/10) – Panitia Pemilihan Calon Dekan Fakultas Hukum Universitas Samudra melaksanakan agenda pada senin hari ini dalam rangka “PENYAMPAIAN VISI MISI & PROGRAM KERJA CALON DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SAMUDRA PERIODE 2017-2021”. Pelaksanaan kegiatan ini diketuai oleh Ketua Panitia Pemilihan Calon Dekan Fakultas Hukum, Nur Asiyah,S.H.,M.H.


Dalam Acara ini turut hadir Rektor Universitas Samudra, Dr. Bachtiar Akob,M.Pd beserta rombongan. Pada sesi acara Rektor Universitas Samudra, Dr. Bachtiar Akob, MPd menyatakan bahwa pergelaran pemilihan calon dekan dilaksanakan diseluruh fakultas dalam lingkungan universitas samudra dan merupakan pelaksanaan pertama kalinya melalui pemilihan demokratis setelah universitas samudra di negerikan pada tahun 2013.

Penyampaian selanjutnya adalah laporan dari Ketua Panitia Pemilihan Dekan, Nur Asiyah,S.H.,M.H., yang dalam laporannya menyebutkan bahwa pada masa penyaringan bakal calon telah disebarkan blanko kesediaan menjadi calon dekan untuk 6 (enam) kandidat. Namun, yang bersedia mengembalikan formulir dan persyaratan lainnya hanya 3 (tiga) orang yaitu Dr. Fuadi,S.H.,M.H., Bustami,S.H.,M.A., dan Drs. Muhammad Natsir,S.H.,M.H.

Adapun tatacara pelaksanaan penyampaian visi misi dan program kerja dilakukan melalui rapat senat terbuka Fakultas Hukum Universitas Samudra yang dipimping oleh Dr. Iman Jauhari,S.H.,M.Hum.

 

Penyampaian visi, misi dan program kerja Calon Dekan Fakultas Hukum disampaikan oleh masing-masing calon selama 15 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab baik oleh Dosen maupun Rektor Universitas Samudra. Acara penyampaian visi misi ini dipandu oleh Andi Rachmad,S.H.,M.H.

Pada sesi tanya jawab baik yang ditanyakan oleh dosen dapat dijawab dengan lugas oleh setiap calon dekan, dan Rektor memberikan arahan kepada ketiga calon agar visi misi serta program kerja bagi Dekan Fakultas Hukum terpilih nantinya diharuskan selaras dengan visi misi maupun program kerja Rektor Universitas Samudra.

 

Setelah penyampaian visi misi dan program kerja berakhir. Acara dilanjutkan dengan agenda Rapat Senat Tertutup Fakultas Hukum Universitas Samudra untuk memilih ketiga bakal calon dekan. Dimana, keseluruhan anggota senat berjumlah 8 (delapan) orang dan setelah pemilihan dilanjutkan dengan penghitungan kertas suara yang telah dicoblos oleh panitia.

Adapun hasil rapat senat tertutup Fakultas Hukum Universitas Samudra dengan agenda pemilihan calon dekan, terpilih 2 (dua) calon dekan yaitu Bustami,S.H.,M.A. dan Dr. Fuadi,S.H.,M.H. Selanjutnya Ketua Senat Fakultas Hukum dan Panitia Pemilihan Calon Dekan Fakultas Hukum akan mengirimkan 2 (dua) nama Calon Dekan dengan dilengkapi berita acara pemilihan kepada Rektor Universitas Samudra.

Rektor Universitas Samudra akan menawarkan kontrak kinerja kepada 2 (dua) orang calon dekan tersebut, selanjutnya Rektor akan menetapkan dan melantik calon dekan untuk diangkat menjadi dekan terpilih. Dengan ketentuan calon dekan terpilih tersebut sepakat dengan kontrak kinerja yang ditawarkan oleh Rektor Universitas Samudra, sebagaimana diatur dalam Pasal 42 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 23 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Samudra.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *